Header Ads

Cara Antisipasi Demam Berdarah / DBD

Cara Antisipasi Demam Berdarah / DBD, DBD atau Demam Berdarah Dengue yang biasa dikenal oleh masyarakat umum dengan sebutan demam berdarah merupakan penyakit yang dapat membuat suhu tubuh yang terserang Demam berdarah menjadi tinggi yang disertai dengan sakit kepala, nyeri pada persendian, nyeri pada mata bagian belakang, tulang dan otot. Penyakit ini biasa ditularkan oleh nyamuk dan sangat cepat menular ke banyak orang karena gigitan nyamuk.Indonesia merupakan Negara nomor 1 di Asia Tenggara tentang kasus penderta DBD / demam berdarah dan ditingkat dunia Indonesia menduduki peringkat ke 2 setelah Negara Brazil.


Artikel terkait 
1. Cara Ampuh Menurunkan Panas pada bayi dan balita
2. Cara Ampuh Menghilangkan Bekas luka 100% Work

Demam Dengue dan Demam Berdarah adalah dua kondisi penyakit yang berbeda namun banyak masyarakat yang telah salah kaprah dalam membedakannya, Demam berdarah atau Dengue Hemorrhagic Fever (DBD) merupakan komplikasi dari demam Dengue (Dengue Fever) yang memburuk, sedangakn gejala DBD tergolong parah walaupun pada fase yang ini suhu tubuh mengalami penurunan, namun mengalami kerusakan pembuluh darah dan kelenjar getah bening, muntah yang disertai dengan darah mengalami pendarahan pada bagian hidung dan gusi, napas terengah-engah dan mengalami pembekakan pada organ hati dengan ditandai nyeri pada bagian perut.

DBD / Demam berdarah dengue merupakan penyakit yang sebabkan oleh Virus Dengue yang disebarkan oleh gigitan nyamuk Aedes Aegypti dan Aedes Albopictus, karena ditularkan oleh kedua jenis nyamuk tersebut maka DBD / deman berdarah tidak dapat ditularkan dari orang ke orang lain secara langsung seperti influenza, kedua jenis nyamuk tersebut biasa hidup dan berkembang biak diwilayah pemukiman penduduk perkotaan yang memiliki iklim lembab dan hangat serta banyak genangan air. Masalah DBD / demam berdarah biasa berkembang didaerah iklim subtropis dan tropis seperti iklim yang ada di Indonesia. 

Cara Mendiagnosa dan Pengobatan Bagi Penderita DBD / Demam Berdarah Dengue

Penyebab Penyakit DBD (Demam Berdarah Dengue) 
DBD merupakan penyakit yang dapat menular dengan adanya nyamuk Aedes Aegypti dan Aedes Albopictus yang banyak berkambang biak di daerah yang padat penduduk seperti kota kota besar terutama di negara yang memiliki iklim tropis dan subtropis seperti di Indonesia. DBD (Demam bedarah dengue) tidak dapat menyebar atau menular dari manusia ke manusia lainnya. 

Penyakit DBD (demam berdarah dengue) disesebabkan oleh virus dengue yang penyebarannya terjadi melalui gigitan nyamuk. Masalah demam berdarah dengue (DBD) biasa dialami oleh negara yang memiliki iklim tropis, hangat dan lembab. Diperkirakan ada ratusan juta kasus warga yang menderita penyakit DBD terjadi diseluruh dunia setiap tahunnya. bahkan ribuan orang di antaranya terjangkit dalam waktu yang singkat akibat wabah penyakit DBD ini.


Diagnosis dan pengobatan demam berdarah Dengue (DBD)
Jika suatu saat anda mengalami gejala influenza seperti kepala terasa sakit dan demam tinggi selama lebih dari satu minggu, maka anda harus sesegera mungkin memeriksakan diri anda ke dokter kesehatan, apalagi jika anda sedang berkunjung ke tempat yang sedang dilanda penyakit demam berdarah dengue (DBD). Jika anda pergi ke dokter maka dokter sudah mengenali gejala tersebut. 

Para dokter sudah tentu memiliki pengalaman lebih untuk mengenali berbagai gejala penyakit, bila dokter belum yakin tentang gejala DBD yang anda derita maka anda bisa melakukan cek darah untuk melihat virus yang ikut mengalir didarah anda, serta dapat mengetahui dampak infeksi dalam darah anda dan sudah tentu untuk memperkuat diagnosis kandungan virus didarah anda. Hingga saat sekarang belum ditemukan vaksin untuk membasmi virus tersebut, namun untuk pengobatan DBD tergolong sederhana karena tidak memerlukan pengobatan khusus. 

Penangan penyakit Demam berdarah dengue (DBD) yaitu dengan meminum banyak cairan, istirahat cukup serta meminum Parasetamol  dan acetaminophen, jika pengobatan dengan kedua obat ini diterapkan kepada penderita demam berdarah (DBD) maka penyakit ini akan berangsur memulih kurun waktu 2 sampai dengan 5 hari. 

Pencegahan Demam Berdarah Dengue (DBD) 
Berikut ini adalah beberapa cara yang ampuh untuk pencegahan demam berdarah dengue (DBD) yang bisa kalian terapkan dirumah

  • Semprotkan cairan pembasmi nyamuk dirumah kalian terutama yang biasa digunakan nyamuk untuk bersembunyi seperti kolong-kolong bawah meja dan korsi.
  • Menguras bak mandi setiap 2 minggu sekali dan menaburkan serbuk aoate agar jentik jentik nyamuk mati.
  • Memasang jaring kawat anti nyamuk diseluruh ventilasi udara rumah anda. 
  • Memasang selambu diranjang tempat tidur anda
  • Menutup, membalik atau jika perlu menyingkirkan media-media kecil penampung air lainnya yang ada dirumah anda.
  • Menggunakan lotion anti nyamuk namun jangan dipakaikan pada bayi yang masih dibawah 2 tahun, untuk bayi silahkan gunakan minyak serai yang bisa kalian dapat di toko terdekat. 
  • Memakai pakaian yang longgar guna melindungi anda dari gigitan nyamuk
  • Bersama sama melaksanakan gotong royong untuk membersihkan lingkungan 
  • Mengadakan fogging untuk mensterilkan lingkungan dari nyamuk dan jentik jentik nyamuk.

Meskipun Demam berdarah dengue termasuk kasus yang sepele namun jangan kalian remehkan penyakit ini sebab demam dengue bisa berkembang menjadi komplikasi yang lebih serius yaitu dengue hemorragic fever atau demam berdarah dengue (DBD) dan dengue shock syndrome yang menyebabkan kematian akibat pendarahan hebat. 

Demikianlah artikel dari saya tentang Demam berdarah Dengue (DBD) semoga bisa bermanfaat untuk kalian yang memerlukan informasi tentang cara mendiagnosa dan pencegahan demam berdarah dengue (DBD) dan semoga kita selalu diberikan kesehatan, jangan lupa baca artikel lainnya ya. 

No comments

Powered by Blogger.