Header Ads

Cara Mudah Budidaya Ikan Lele Menguntungkan

Cara Mudah Budidaya Ikan Lele, Lele adalah ikan air tawar yang bisa hidup di air jernih maupun air kerung sekalipun. Ikan lele mempunyai daya tahan tubuh sangat luar biasa bila dibandingkan dengan ikan lainnya, ikan ini bisa hidup didarat dalam waktu yang lama serta dapat hidup di air yang sangat keruh sekalipun. 

Ikan jenis ini banyak kita temui di sungai, Namun pada saat sekarang ini ikan jenis lele sudah banyak dibudidayakan oleh masyarakat karena perawatannya sangat mudah. Selain itu ikan lele perkambangannya sangat cepat hanya butuh waktu 3 bulan ikan ini sudah siap untuk dipanen dan dijual. Harga jual dipasaranpun sangat bagus.



Cara Mudah Budidaya Ikan Lele

Budidaya ikan lele dapat dijadikan Usaha sampingan, bisnis ikan lele sangat cocok dijadikan bisnis sampingan karena cara perawatan yang mudah dan tidak banyak memakan waktu. Kita member makan tiga kali sehari. Disamping harganya yang lumayan yaitu sekitar Rp. 15.000,- sampai dengan Rp. 20.000,- di pasar dan permintaan pasar yang selalu meningkat karena ikan lele banyak digemari oleh kebnayakan masyarakat Indonesia dan ternyata ikan lele juga bermanfaat untuk kesehatan. Ikan lele dapat digunakan untuk menyembuhkan penyakit dalam seperti sakit yang berhubungan dengan pernafasan dan penyembuhan bekas luka.

Untuk berbudidaya lele anda bisa menggunakan media kolam terpal, kolam cor / beton atau bisa juga menggunakan kolam tanah yang terpenting keberadaan air tetap dijaga jangan sampai habis meresap ke tanah karena semua orang tahu kalau air adalah media utama untuk budidaya ikan. Untuk lebih jelas tentang cara berbudidaya lele bisa anda simak, cara berbudidaya ikan lele dibawah ini.

Peralatan, perlengkapan dan pakan untuk budidaya lele :
  • Kolam ikan, anda bisa membuat kolam ikan dengan terpal, kolam beton atau kolam tanah yang penting tidak kehabisan air, ikan lele .
  • Bibit ikan lele yang bisa anda dapat dari peternak ikan lele.
  • Pakan ikan dengan ukuran -1 sebagai pakan bibit ikan lele
  • Pakan ikan dengan ukuran -2 sebagai pakan ikan lele remaja
  • Pakan ikan dengan ukuran -3 sebagai pakan ikan dewasa
  • Pakan ikan yang ukuran paling besar biasanya digunakan untuk ikan lele indukan atau ikan lele dewasa.

Cara kerja budidaya ikan lele :
  1. Setelah kolam telah siap maka kolam diisi dengan air
  2. Diamkan selama 1 minggu agar hidup hewan-hewan kecil sebagai pakan alami ikan
  3. Masukan bibit ikan lele kedalam kolam ikan
  4. Berilah makan pada saat pagi, siang dan sore hari
  5. Jangan langsung diberi makan tetapi keesokan hari saat pagi hari baru diberi pakan pellet dengan ukuran -1
  6. Setelah 1 bulan ikan mulai besar maka pakan bisa diganti dengan ukuran yang lebih besar yaitu ukuran -2
  7. Setelah 2 bulan ikan sudah mulai dewasa anda bisa member pakan pellet dengan ukuran -3
  8. Setelah 3 bulan ikan lele siap anda panen dan dijual dipengepul / pengecer ikan lele
  9. Untuk ikan lele kebal dengan penyakit sehingga jarang sekali ikan lele terserang penyakit, jadi anda tidak usah khawatir
Cukup mudah bukan usaha sampingan budidaya ikan lele, tidak memakan waktu yang ekstra, kita Cuma member pakan 3 kali sehari. Jangan lupa baca artikel dari saya lainnya, semoga artikel saya bermanfaat untuk anda semua yang membaca. Semoga artikel ini bisa menjadi inspirasi buat anda semua, sekian dari saya dan salam sukses.

No comments

Powered by Blogger.