Header Ads

Cara Membuat Tempe Enak dan Gurih

Cara Membuat Tempe Enak dan Gurih, Pernahkah anda makan tempe? Tentu sebagai masyarakat Indonesia anda pernah mencicipi tempe. Tempe merupakan makanan hasil permentasi yang gurih dan enak rasanya. Ada banyak macam tempe yang biasa dibuat oleh masyarakat Indonesia yaitu tempe kedelai, tempe gembus, tempe bengok, tempe lentoro, dan masih ada lainnya. Tetapi yang sering dibuat ialah tempe kedelai Karena rasanya yang gurih dan enak. Banyak sekali masyarakat Indonesia yang menyukai makanan yang satu ini. Selain rasanya yang nikmat harganya pun terjangkau untuk semua kalangan.

Cara Membuat Tempe Enak dan Gurih

Menjadikan tempe sebagai lauk memang sangat cocok, apalagi saat kita makan soto dengan lauk tempe goreng sungguh mantab banget. Disamping harga tempe kedelai murah meriah, tempe juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita karena mengandung banyak protein yang baik untuk tubuh berbeda dengan daging selain harganya yang mahal, daging juga banyak mengandung toxsin dan kolesterol bila sering mengonsumsinya akan menjadi penyakit.

Tempe peminatnya sangat banyak sehingga permintaan tempe di pasaran dan seringkali kekurangan stok, karena harganya yang murah meriah dan banyaknya permintaan pasar. Maka bisnis tempe bisa anda jadikan peluangusaha yang menjanjikan, kita bisa berbisnis tempe. Dengan demikian saya mengajak anda untuk membahas tentang cara membuat tempe dengan mudah dan tidak ribet sebagai berikut.

Alat-alat dan bahan untuk membuat tempe kedelai:
  • Kedelai yang berkualitas bagus
  • Ember yang besar
  • Ragi tempe bisa anda dapat di toko atau pasar tradisional
  • Tenggok (wadah yang terbuat dari anyaman bambu)
  • Tampah yang sudah dibersihkan
  • Air bersih


Cara membuat tempe kedelai sebagai berikut
  1. Dalam membuat tempe yang terpenting adalah steril selalu terjaga kebersihannya
  2. Rendam kedelai dengan ember selama satu malam
  3. Rebus kedelai yang sudah direndam kurang lebih 1 jam
  4. Kemudian cuci kedelai sambil dibuang kulitnya sampai bersih (kalau tidak bersih maka tempe akan gagal, bila berhasil rasanya pun asam tidak gurih)
  5. Tiriskan ditempat yang tertutup
  6. Setelah kering dan bersih langkah selanjutnya adalah menaburi kedelai dengan ragi tempe sampai rata
  7. Setelah ragi diratakan langkah, selanjutnya dalah pengemasan, anda bisa menggunakan daun  pisang atau plastic transparan yang bisa anda beli di toko.
  8. Kemudian letakan bungkusan tempe ditempat yang hangat, anda bisa menyelimutinya dengan kain.
  9. Setelah 30 jam tempe sudah siap dikonsumsi.

Demikianlah artikel dari saya tentang cara membuat tempe kedelai yang gurih dan mantab. Jangan lupa baca artikel lainnya, semoga artikel dari saya bermanfaat dan bisa dijadikan sumber inspirasi dalam bisnis tempe dan untuk anda yang membacanya, sekian dari saya dan salam sukses.

No comments

Powered by Blogger.