Jumat, 07 Juli 2017

Cara Mudah Membuat SIM C dengan Cepat tanpa Calo

Cara Mudah Membuat SIM C dengan Cepat tanpa Calo, SIM (Surat Ijin Mengemudi) adalah tanda pengenal diri yang wajib dimiliki setiap orang yang menggunakan kendaraan bermotor baik roda dua, roda empat dan lainnya yang dikeluarkan oleh Polri kepada orang yang mengendarai kendaraan bermotor, dengan persyaratan dan ketentuan yang harus terpenuhi seperti ujian tertulis maupun praktek. Berdasarkan UU No. 22 tahun 2009, Pasal 77 ayat (1)  "Setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor wajib memiliki Kartu Identitas pengendara (SIM) sesuai dengan kendaraan yang dikemudikan".   

Cara Membuat SIM C dengan Cepat dan Mudah tanpa Calo


Untuk beraktifitas sehari-hari pada zaman sekarang ini kita tidak lepas dengan kendaraan, mau kemana saja dan kapan saja kita tidak lepas dari motor, kendaraan yang murah dan efektif yang banyak digunakan adalah sepeda motor. Hampir setiap orang memiliki kendaraan yang satu ini, karena harganya yang cukup terjangkau sehingga setiap orang bisa membelinya selain itu sepeda motor juga irit BBM. Bagi kalian yang memiliki kendaraan sepeda motor untuk berpergian berjalan dijalan umum tentunya kita harus memiliki surat ijin mengemudi (SIM C) untuk berkendara dijalan umum.

Baca juga ya, 

SIM memiliki berbagai macam jenis berdasarkan kendaraan yang dikendarai yaitu SIM A, SIM B, SIM C dan SIM D, dari sekian jenis yang banyak dicari oleh banyak orang adalah SIMC, karena kendaraan yang paling banyak dimiliki oleh  kebanyakan orang adalah sepeda motor, bahkan ditempat saya setiap kepala keluarga mempunyai sepeda motor lebih dari satu, sesuai banyaknya anggota keluarga yang ada di keluarga tersebut.


SIM (surat ijin mengemudi) C merupakan golongan SIM yang diperuntukan bagi kita yang berkendara dengan menggunakan kendaraan sepeda motor. Bagi kalian yang belum mempunyai SIM C jangan sekali kali mengendarai sepeda motor dijalan besar / jalan umum, karena selain berbahaya kalau sampai tertangkap Pak Polisi kalian bisa kena tilang hehe, nah kali ini saya akan berbagi informasi kepada kalian semua tentang cara membuat SIM C dengan cepat dan benar, langsung kalian simak seperti dibawah ini.
Cara Membuat SIM C dengan Cepat dan Mudah tanpa Calo

Persiapkan persyaratan yang harus dipenuhi untuk membuat SIM C
  • Harus cukup usia minimal 16 tahun
  • Foto copy KTP sebanyak 3 lembar
  • Hasil test kesehatan 
  • Pas foto 3x4 berwarna 2 lembar 

Cara Membuat SIM C dengan cepat dan mudah 
  1. Pertama serahkan semua persyaratan yang telah disiapkan tadi (FC KTP, hasil test kesehatan dan foto 2 lembar) ke tempat pemngambilan Map SIM C dan nantinya kalian akan mendapatkan Map beserta formulir pendaftaran SIM C.
  2. Langkah selanjutnya kalian harus mengisi formulir pendaftaran, jika sudah selesai diisi kumpulkan formulir ditempat stempel sidik jari (kalian harus menunggu sampai nama kalian dipanggil petugas dan nantinya semua sidik jari kalian akan ditempel di formulir kalian).
  3. kemudian semua syarat yang terkumpul akan dicek ulang, setelah lengkap kalian akan diarahkan untuk mengambil formulir yang kedua di loket 1. 
  4. Kemudian isi formulir kedua dengan baik dan benar, setelah yakin benar kumpulkan formulir kalian di tempat Ujian teori, tanda tangan dan tunggu antrian sampai nama kalian dipanggil petugas ujian teori.
  5. Setelah nama kalian dipanggil petugas anda diarahkan untuk menuju ruangan ujian teori disitu kalian akan diberikan penjelasan mengenai ujian teori, jika kalian dapat lulus dari ujian teori maka langsung bisa melaksanakan ujian praktek. 
  6. Setelah ujian teori kalian lulus langkah selanjutnya melaksanakan ujian praktek, kumpulkan Map yang didalamnya terdapat hasil ujian teori ke penguji praktek SIM C yang nantinya kalian akan dijelaskan mengenai tata cara ujian praktek SIM C.
  7. Jika kalian lulus ujian praktek kalian akan disuruh tanda tangan dan siap untuk dilakukan pembuatan SIM C serta pengambilan foto untuk SIM, dengan membayar biaya pembuatan SIM C sebesar Rp. 100.000,- (seratus ribu rupiah).
  8. Untuk proses pengambilan foto dan pembuatan SIM C lumayan cepat, yang lama hanyalah antreannya hehe. 
Cukup mudah bukan untuk membuat SIM C, bagi kalian yang suka mencari pengalaman tentunya kalian ingin mencari sim sendiri tanpa bantuan calo, demikianlah artikel dari saya tentang cara mencari SIM C dengan cepat dan mudah, semoga bermanfaat dan jangan lupa berkunjung di artikel lainnya ya. 

kata kunci penccarian : cara membuat sim, cara membuat simc, cara mudah membuat sim, langkah-langkah membuat sim c, persyaratan dan proses pembuatan sim c

Lorem ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.

1 komentar:


EmoticonEmoticon