Header Ads

Cara Mencegah Hama Penyakit Pada Jamur

Cara Mencegah Hama Penyakit Pada Jamur, Dalam kita melakukan suatu usaha atau bisnis tentunya tidak semulus seperti apa yang kita inginkan, banyak masalah yang harus kita hadapi. Dalam kita berbudidaya jamur tentu saja tidak luput dari adanya resiko yang harus kita hadapi. Karena kurang teliti dan berhati-hati dalam memelihara jamur. Ancaman hama dan penyakit selalu mengintai, maka dari itu kita harus lebih waspada dan teliti dengan menjaga kebersihan lingkungan agar jamur dapat berkembang dengan baik. 


Cara Mencegah Hama Penyakit Pada Jamur

Munculnya Hama dan penyakit pada jamur dipengaruhi oleh berbagai macam faktor diantaranya adalah kebersihan lingkungan, kondisi air, kondisi udara yang tercemar dan SDM. Untuk memelihara jamur alangkah baiknya jika anda menjaga kebersihan lingkungan dan penyiraman jamur dengan air bersih / netral, bila perlu diadakan penyiraman dengan menggunakan pestisida. Banyak sekali Hama dan penyakit yang mengintai jamur. Untuk mengatasinya kita perlu melakukan beberapa usaha. Untuk lebih jelasnya cara mengatasi Hama dan penyakit pada jamur langsung saja anda simak artikel dibawah ini.
Ada beberapa jenis Hama yang biasa mengganggu dan cara mengatasinya :
  1. Siput, biasanya hewan ini memangsa tubuh buah yang berakibat jamur tidak dapat berkembang dengan baik dan menurunkan hasil panen, cara menanggulangi dengan cara melakukan penyemprotan dengan menggunakan estrak daun jarak pagar kemudian disemprotkan pada lantai dan log jamur.
  2. Rayap, Biasanya rayap menggunakan zat selulosa pada kayu, hal ini sangat mengganggu dan merusak baglog, untuk pencegahan anda bisa menggunakan estrak daun sirih kemudian anda semprotkan pada bagian lantai kumbung.
  3. Cacing / ulat, Hama jenis ini biasanya memakan miselium sehingga miselum akan mati dan rusak, Hama jenis ini muncul dikarenakan saat sterilisasi kurang sempurna sehingga telur cacing tidak dapat mati, anda bisa melakukan penyemprotan insektisida pada log jamur. 
  4. Laba-laba, biasanya memakan tubuh buah jamur sehingga pertumbuhan jamur terganggu dan membuat panen merosot, untuk pencegahan anda bisa menaburkan serbuk kapur dilantainya, serbuk kapur bisa anda dapat di tempat penjual pupuk.
  5. Serangga, seperti nyamuk, lalat hewan jenis ini sangat mengganggu karena memakan tubuh buah dan menyebarkan virus dan penyakit yang membuat log terinveksi virus. hal yang harus anda lakukan adalah melakukan penyemprotan dengan insektisida. 

Adapun Penyakit yang biasa menyerang Jamur yaitu 

  1. Tricoderma SPP, biasanya jamur yang terkontaminasi dengan organisme dintandai dengan munculnya bintik-bintik berwarna hijau pada log jamur dan membuat miselum jamur terhambat pertumbuhannya, cara pencegahan dengan melakukan sterilisasi peralatan dan lingkungannya. 
  2. Neurospora SPP, penyakit jenis ini biasanya menimbulkan tepung berwarna orange pada bagian tutup baglog, cara pencegarahan dengan cara melakukan sterilisasi dan mengurangi susunan log jamur. 
  3. Mucor SPP, munculnya penyakit ini ditandai dengan adanya noda hitam pada permukaan baglog sehingga menghambat pertumbuhan miselium dan menurunkan produksi panen, cara pencegahan dengan cara menurunkan suhu ruangan dan sirkulasi udara yang cukup.
  4. Penicillium SPP, munculnya penyakit ini ditandai dengan adanya miselium berwarna cokelat atau merah tua, pencegahan dengan cara menjaga sterilisasi ruang ingkubasi jamur. 
  5. Corpinus, penyakit jenis ini biasanya menyerang jamur kuping, penyakit ini muncul dari alat-alat, rak baglog atau bibit yang kurang steril. Untuk pencegahan anda bisa melakukan pasteurisasi dan menjaga sterilisasi peralatan.
  6. Krepes, biasanya muncul pada jamur kuping ditandai dengan adanya butiran-butiran kecil dan mudah pecah saat tertekan. Penyakit ini merupakan virus dan sangat sulit mengatasinya, anda bisa memisahkan log yang terserang krepes dan melakukan penyemprotan dengan pestisida. 
Demikianlah artikel dari saya tentang cara mengatasi penyakit pada jamur kuping, jangan lupa baca artikel dari saya lainnya, semoga bermanfaat bagi anda yang membacanya dan bisa dijadikan sumber inspirasi yang positif. Demikian dari saya dan salam sukses.

Kata Kunci pencarian : bisnis sampingan, bisnis menguntungkan, bisnis rumahan, bisnis jamur kuping, bisnis jamur kuping menguntungkan

No comments

Powered by Blogger.