Header Ads

Cara Menanam Daun Kelor Dengan Benar

Cara Menanam Daun Kelor Dengan Benar, mungkin kita sering mendengar daun kelor yang memiliki berbagai macam manfaat, tetapi belum tentu kalian mengetahui seperti apakah daun kelor itu yang kaya akan manfaat dan khasiat untuk mengobati berbagai macam penyakit. Kelor yang mempunyai nama latin MORINGA OLEIFERA adalah tanaman yang memiliki banyak sekali manfaat dibidang kesehatan mulai dari daun, kulit batang bahkan buah dan biji Kelor.
Cara Menanam Daun Kelor Dengan Baik dan Benar
Tanaman daun kelor biasanya dapat tumbuh tinggi sampai dengan 7 meter bahkan dapat mencapai 12 meter dan memiliki batang kayu tegak berwarna putih kotor, memiliki kulit tipis dan permukaannya yang kasar, dengan buah kelor berbentuk segitiga memanjang  yang biasa disebut dengan kelentang biasa digunakan warga untuk sayuran, Nah kali ini saya akan berbagi kepada kalian tentang bagaimana cara budidaya daun kelor yang baik dan benar.
Untuk berbudidaya daun kelor dapat menanam biji kelor atau bisa juga dengan sistim stek batang, tanaman daun kelor ini sangat mudah sekali dibudidayakan dan memiliki daya tahan terhadap iklim dengan baik, nah untuk memulai budidaya daun kelor yang baik dan benar simaklah cara berbudidaya daun kelor yang baik dan benar seperti dibawah ini.

Jika kalian ingin memulai budidaya daun kelor dengan menggunakan biji kelor yang pertama kali yang persiapkan adalah dengan menyiapkan bibit kelor berupa biji kelor yang berkualitas yaitu biji kelor yang benar-benar sudah tua. Setelah diperoleh biji kelor yang berkualitas, jemur biji kelor dibawah sinar matahari sampai benar-benar kering kurang lebih selama satu hari. Semai biji kelor dengan media pupuk kompos dan tanah dengan wadah bisa menggunakan Poliek atau wadah yang tidak terpakai, bisa juga langsung disemai ditanah jangan lupa disiram ya. setelah tumbuh kurang lebih 15 cm, pindah kedalam polibek yang ukurannya agak besar hingga bibit siap dipindahkan atau ditanam di tanah pekarangan.

2. Cara Menanam Kelor dengan Stek Batang
Untuk menanam daun kelor selain menggunakan biji kelor ternyata juga bisa dengan menggunakan sistem stek batang, kalau dengan cara ini kalian cukup memotong salah satu batang daun kelor dengan menggunakan parang atau gergaji dengan panjang sekitar 30 cm sampai dengan 50 cm, batang yang akan digunakan untuk ditanam pilihlah batang yang tidak terlalu tua dan juga tidak terlalu muda, batang yang akan digunakan untuk bibit tancapkan pada polibek yang sudah terisi media tanah, kemudian letakan pada tempat yang teduh dan aman, jangan lupa untuk melakuakan penyiraman setiap hari agar tetap basah. 

3. Mempersiapkan lubang untuk menanam bibit daun kelor. 
Untuk menanam bibit daun kelor persiapkan lubang dengan ukuran 40x40 cm dan kedalaman antara 30cm sampai dengan 40 cm yang kemudian diisi dengan pupuk organk atau pupuk kandanga selanjutnya didiamkan selama kurang lebih satu minggu. 

4. Penanaman Kelor di tanah pekarangan atau Pot
Bibit daun kelor yang sudah siap tanam dengan mencapai ketinggian 30 cm sampai dengan 50 cm dari hasil semai biji atau stek batang bisa dipindahkan kedalam media tanah pekarangan atau pot, dengan cara merobek polibek dan menanamnya di tempat yang sudah kalian sediakan sebelunmya, Jangan lupa untuk menyirami pohon daun kelor yang baru ditanam agar segera tumbuh dengan baik. 

5. Merawat Pohon Daun Kelor 
Untuk perawatan daun kelor sangat mudah cukup melakukan penyiraman dan pemangkasan daun bila diperlukan.

Demikian sedikit informasi dari saya tentang cara menanam daun kelor dengan baik dan benar, daun kelor memiliki banyak sekali khasiat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit selain itu sayur daun kelor juga terasa nikmat, bila kalian penasaran kalian bisa mencobanya. Semoga artikel dari saya ini bermanfaat untuk kalian semua, jangan lupa berkunjung di artikel lainnya ya. 

No comments

Powered by Blogger.