Header Ads

Bisnis Sampingan Budidaya Jangkrik Menguntungkan

Bisnis Sampingan Budidaya Jangkrik Menguntungkan, Usaha jangkrik merupakan salah satu peluang bisnis atau usaha yang lumayan menjanjikan pada saat sekarang ini. Jangkrik memiliki banyak kegunaan di lingkungan masyarakat. Kegunaan jangkrik yaitu untuk sebagai makanan berbagai macam jenis burung, untuk makanan ikan hias dan untuk memancing. Biasanya mereka mendapat jangkrik dengan mencari dari alam yang terkadang sangat sulit untuk mencari dialam liar sehingga mereka terkadang lebih suka membeli jangkrik di toko pakan burung. 

 Bisnis Sampingan Budidaya Jangkrik

Artikel Terkait :
1. Cara Ternak Kroto Mudah dan Menguntungkan
2. Cara Budidaya Ulat Hongkong Sendiri Mudah dan Menguntungkan
3. 8 Manfaat Buah Melon untuk Kesehatan

Budidaya jangkrik merupakan peluang usaha yang sangat bagus bagi pengusaha jangkrik. Dengan banyaknya minat konsumen di pasaran pakan burung dan meningkatnya permintaan serta harga jangkrik yang sangat bagus dan stabil dipasaran maka bisnis ini sangat cocok bila kita jadikan usaha sampingan atau usaha pokok karena cara pemeliharaan jangkrik yang sangat mudah dan tidak ribet. 

Bisnis Sampingan Budidaya Jangkrik 

 jangkrik diberi makan berupa sayuran yang tidak banyek 
mengandung air seperti bayam, daun pepaya, pepaya muda dan lain-lain

Kotak pemeliharaan jangkrik terbuat dari triplek seperti pada gambar
dengan bagian atas diberi lakban agar jangkrik tidak memanjat dinding.


 Bisnis Sampingan Budidaya Jangkrik 

Bisnis Sampingan Budidaya Jangkrik
jangkrik yang sudah dewasa dan siap untuk dipanen dan dijual
dipengepul pakan burung dan ikan hias.

Pada zaman sekarang ini memang sangat sulit untuk mencari pekerjaan yang hasilnya bisa mencukupi kebutuhan hidup dengan berbagai macam kebutuhan diantaranya adalah kebutuhan ekonomi dan pendidikan atau bisa ditabung untuk masa mendatang. Makadari itu bagi anda yang mempunyai sedikit waktu luang anda bisa menjadikan bisnis jangkrik sebagai usaha sampingan. Bagi anda yang berminat mempunyai usaha sampingan berbisnis jangkrik marilah kita simak artikel dibawah ini tentang cara beternak jangkrik dengan mudah. 
  1. Pertamakali yang harus anda lakukan untuk bisnis sampingan ternak jangkrik adalah menyiapkan kandang khusus sebanyak 2 (dua) buah kandang, yang satu sebagai kandang pemeliharaan dan yang satunya sebagai kandang perkawinan. Untuk memelihara jangkrik anda perlu membeli beberapa ekor jangkrik untuk dipelihara. Anda juga bisa mencari dari alam liar sebagai indukan jangkrik. 
  2. Untuk memlihara jangkrik anda perlu menyiapkan sebuah kotak khusus dengan pinggiran agak tinggi agar jangkrik tidak meloncat keluar dengan pinggiran licin anda bisa menggunakan lakban platik agar jangkrik tidak memanjat dinding kotak. Sebuah kotak berukuran 53 liter mampu menampung jangkrik hingga 500 ekor.
  3. Jangkrik memerlukan alas dari pasir atau vermikulit kemudian letakan didasar kotak penyimpanan dengan ketebalan 2 inchi agar jangkrik bisa tumbuh dan berkembang dengan baik. Selain itu pasir juga berfungsi sebagai tempat bertelur bagi jangkrik indukan. Setelah mempersiapkan kandang sudah selsai selanjutnya anda harus mempersiapkan bibit jangkrik dengan membeli di toko pakan ternak atau anda juga bisa mencari jangkrik dialam liar. Kalau bisa lebih baik anda mencari dari alam liar karena biasanya jangkrik yang didapat dari alam liar lebih sehat dan masih liar sehingga sangat bagus untuk dijadikan indukan. Usahakan dalam satu kandang jangkrik betina lebih banyak daripada jangkrik jantan. Jangkrik betina bisa dikelai dengan ekor yang lebih panjang. Organ ini berfungsi untuk meletakan telur kedalam pasir. Sedangkan yang jangkrik pejantan mudah dikenali dengan adanya dua ekor dibelakang selain itu sayapnya lebih pendek disbanding jangkrik betina.
  4. Letakan koloni jangkrik kedalam kandang kemudian jangan lupa berikan makanan jangkrik seperti bayam, buah, kentang dan berbagai sayuran lainnya yang terpenting jangan terlalu berair. Untuk member minum jangkrik anda bisa menggunakan wadah kecil seperti tutup toples dan diisi dengan batu kerikil sebagai tempat berpijak jangkrik dan agar jangkrik tidak berenang di air minum.  
  5. Salah satu yang terpenting didalam budidaya jangkrik adalah jaga suhu agar tetap hangat, suhu yang hangat akan mempercepat proses penetasan telur . ada beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk menjaga suhu agar tetap hangat seperti memakai alat pemanas atau lampu. Suhu yang bagus untuk jangkrik adalah 80-90 derajat Fahrenhait.  
  6. Setelah membesarkan jangkrik tahap selanjutnya adalah mengawinkan jangkrik. Setelah berumur 2 minggu maka jangkrik siap untuk dikembangbiakan. Setelah meletakan telur, anda bisa mengganti kotak pemeliharaan dengan yang baru.  
  7. Setelah mendapatkan telur-telur jangkrik, selanjutnya anda harus mengikubasinya agar telur cepat menetas. Dengan cara meletakan telur tersebut di selembar kain kemudian kain tersebut dilitas tetapi jangan terlalu rapat masih ada ruang untuk ventilasi udara. Kemudian letakan didalam kotak. Letak telur ditempat yang hangat setelah 2 minggu maka telur tersebut akan menetas dan diberi makan seperti diatas dan setelah dewasa anda bisa memanen jangkrik dan menjualnya dipengepul pakan burung.
Demikianlah artikel dari saya tentang bisnis sampingan budidaya jangkrik dengan mudah dan tidak ribet. Selamat mencoba bisnis, jangan lupa baca artikel saya lainnya semoga bermanfaat bagi anda semua yang membacanya serta bisa menjadi sumber inspirasi yang positif untuk para pembaca. Sekian dari saya dan salam sukses.

Kata kunci pencarian : Bisnis sampingan, Bisnis rumahan, Bisnis Menguntungkan, Binis jangkrik menguntungkan, Bisnis jangkrik menggiurkan, bisnis rumahan untung besar, bisnis sampingan untung besar, Bisnis jangkrik untuk pakan burung.

No comments

Powered by Blogger.