Header Ads

Cara Mudah Ternak Burung Love Bird dengan Baik dan Benar

Cara Mudah Ternak Burung Lovebird dengan Baik dan Benar, Selamat berjumpa kembali dengan saya Maseko, untuk kali ini saya akan memberikan tips dan trik kepada anda pecinta burung lovebird tentang bagaimana berternak burung lovebird dengan baik dan benar. Mungkin anda adalah pemula dalam menjalankan usaha berternak lovebird, jadi sangat cocok berkunjung ditempat ini haha, bila anda ingin mengetahui bagaimana sih berternak burung lovebird dengan baik dan benar? langsung saja anda simak artikel ini. 


Cara Mudah Ternak Burung Lovebird dengan Baik dan Benar


Burung Lovebird burung cinta pada dahulu sempat memiliki harga ekonomi yang sangat tinggi, namun semakin banyaknya peternak burung lovebird membuat keberadaan dipasaran sangat melimpah. Walaupun demikian pecinta burung ini masih banyak dan membuat harganya stabil pada saat ini, tidak terlalu mahal dan juga tidak terlalu murah. Untuk beternak burung lovebird ternyata tidak susah kawan, cara budidaya burung ini sangat mudah dan jarang terserang penyakit. 

Dengan masih banyaknya pecinta burung love bird maka harganyapun masih stabil, sehingga berternak burung love bird bisa dijadikan usaha sampingan yang lumayan menjanjikan.
Langsung saja anda simak cara budidaya / ternak burung lovebird dengan baik dan benar seperti dibawah ini.

1. Persiapkan sangkar burung love bird
Sipkan sangkar burung lovebird yang terbuat dari kawat ram atau sangkar besi dengan ukuran 50x50x50 cm untuk ditempati 2 ekor burung atau sepasang burung love bird serta kotak kayu dengan ukuran 25x20x25 cm sebagai rumah atau sarang dengan diberi jerami / cemara kering atau bisa anda beli ditoko burung, serta tambahkan tempat bertengger.


Cara Mudah Ternak Burung Lovebird dengan Baik dan Benar

Anda juga bisa beternak burung lovebird dengan cara koloni misalnya menempatkan 3 pejantan dan 5 betina kedalam kandang berukuran 2x1,5 meter, tempat makan dan minum ditempatkan dekat dengan sarang burung. 

Cara Mudah Ternak Burung Lovebird dengan Baik dan Benar


2. Memilih indukan burung love bird (pemilihan burung jantan dan burung betina)
Burung lovebird jantan maupun betina yang paling efektif yaitu dengan pengujian laborratorium namun tidak usah khawatir karena masih dibedakan antara indukan jantan dan indukan betina. Untuk Indukan jantan ditandai dengan selalu berdiri tegak, ekor ujungnya membentuk agak lancip dan diraba lebih kaku jika dibandng dengan indukan betina, selalu berbunyi dan selalu menarik perhatian. 

Sedangkan indukan lovebird betina ditandai dengan lebih bulat dan berdiri seperti menahan berat badan / tidak berdiri tegak dan tidak banyak bertingkah seperti pejantan, ekor bagian ujung melebar. Pilihkan pejantan dengan umur 1 tahun dan betina berumur 8 bulan. 


3. Penjodohan burung lovebird
Cara perjodohan burung love bird yaitu dengan menempatkan dua ekor burung pada sangkar yang berbeda, kemudian didekatkan selama 3 sampai dengan 7 hari, perjodohan ini bisa sangat cepat bila kedua burung memasuki masa birahi atau masa kawin. 

Masa birahi ditandai dengan sang jantan berusaha mengawini benda-benda didekatnya merunduk sembari membuka sayap dengan ekor bergerak naik turun, bila kedua burung lovebird sudah langkah selanjutkan kumpulkan keduanya dalam sangkar penangkaran. Perlu diingat bila sudah dikumpulkan dalam satu kandang berkejar kejaran maka perjodoan gagal. 

Cara perjodohan yang paling mudah yaitu dengan mengumpulkan banyak lobird kedalam kandang besar atau dengan koloni, biyarkan mereka mencari jodohnya sendiri. Mungkin ini yang paling mudah dalam menjdohkannya hehehe. 


4. Telur dan Pengeraman
Bila burung love bird sudah melakukan perkawinan maka mereka akan bertelur didalam glodokan yang sudah anda siapkan tadi. Umumnya burung lovebird bertelur 4 - 6 butir, biasanya burung lovebird akan sesekali keluar dari glodok untuk makan, mandi atau merentangkan sayap.


5. Penetasan
Telur burung love bird akan menetas setelah 21-23 hari pengeraman, proses penetasannya cukup lama sekitar 24 jam, sebaiknya anda jangan ikut campur biyarkan bayi lovebird menetas dengan sendiri supaya tidak terjadi luka atau cacat pada bayi lovebird. 

Untuk pertama kali menetaskan telur burung love bird biasanya ada yang tidak menetas ini dikarenakan ada telur yang mandul, hal ini alami anda tidak usah khawatir, karena burung love bird akan benar-benar produktif setelah yang kedua dan seterusnya.


6. Makanan anak burung love bird
Untuk meningkatkan masa produktif burung love bird dapat dilakukan pemisahan anakan love bird pada usia 14 hari, disamping itu burung love bird akan lebih jinak dan akan meningkatkan harga jual burung love bird. Anakan burung love bird diletakan kedalam sebuah kotak yang diberi alas handuk dan diberi lampu 5 watt untuk menjaga kehangatan.

Cara Mudah Ternak Burung Lovebird dengan Baik dan Benar

Berikan pakan berupa bubur instan atau bubur bayi yang dicampur dengan air hangat jangan terlalu panas dan jangan terlalu dingin, makanan ini banyak dijual di toko atau pasar terdekat. Alat untuk meloloh bisa dengan menggunakan suntikan dan buanglah jarumnya bisa dapatkan di apotik, berikan makana secara teratur contoh setiap jam 06.00, 10.00, 14.00, 18.00, 23.00 Wib.

Untuk kawanku yang ingin memulai ternak burung love bird sebagai usaha sampingan atau usaha rumahan semoga artikel saya ini bermanfaat memulai usaha ternak love bird anda. Jangan lupa berikan komentar dan saran anda sekian dan terima kasih.


Kata kunci pencarian : Burung love bird, ternak love bird, cara mudah ternak burung love bird, panduan ternak love bird.

No comments

Powered by Blogger.