Header Ads

Cara Mudah Ternak Kroto Bisnis Sampingan Menguntungkan

Cara Mudah Ternak Kroto Bisnis Sampingan Menguntungkan, Pada saat sekarang ini banyak penghobi burung yang memberi pakan burung peliharaannya dengan pakan kroto, sebab kroto banyak mengandung protein yang bagus untuk kesehatan dan stamina burung peliharaan serta para penghobi mancing yang menggunakan kroto sebagai umpan untuk memancing ikan. Dengan demikian semakin banyak juga kebutuhan kroto dipasaran, sedangkan untuk pemasok kroto belum banyak, kebanyakan pemasok kroto diperoleh dari alam dan belum mencukupi kebutuhan kroto dipasaran. Mereka mengambil kroto dari semut rangrang yang ada dipohon.

Cara Ternak Kroto Mudah

Dengan demikian maka masih banyak peluang usaha kroto karena permintaan selalu meningkat dan ketersediaan barang tidak mencukupi. Jalan yang bisa kita lakukan adalah beternak kroto. Ternak kroto mempunyai prospek bisnis yang menggiurkan, dengan harga kroto dipasaran berkisar antara Rp. 100.000,- sampai dengan Rp. 150.000,- itu merupakan harga yang sangat fantastis. Budidaya kroto bisa dijadikan usaha sampingan karena cara pemeliharaannya yang sangat mudah dan tidak banyak memakan waktu. Yang kita lakukan hanya memberi pakan dan minuman itu pun tidak setiap hari memberi makanan dan minuman semut rangrang.

Artikel terkait : 
1. Resep Ayam Goreng Kremes ala KFC rumahan
2. Cara Mudah Mengatasi Laptop / komputer Lemot
3. Contoh Cara Membuat Surat Lamaran Kerja

Bila anda mau menjadikan ternak kroto sebagai usaha sampingan sangat cocok, karena tidak memakan waktu jadi anda tetap bisa bekerja seperti hari-hari biasa. Perawatannya pun cukup mudah, tidak memerlukan perawatan khusus. Yang terpenting adalah sirkulasi udara dan pencahayaan yang sesuai dengan habitatnya dan persediaan makanan dan minuman yang cukup. Jangan sampai kehabisan persediaan makanan karena semut ranrang akan melarikan diri. Langsung saja anda simak tentang cara budidaya kroto dibawah ini.

Kita perlu mempersiapkan alat dan bahan sebagai berikut :
  • Sarung tangan yang terbuat dari karet
  • Tepung kanji
  • Karung / plastic
  • Ember besar / bak
  • Rak untuk menaruh toples sebagai sarang rangrang, lebih efektif karena isi didalam toples kelihatan dari luar
  • Oli bekas
Cara Ternak Kroto Mudah


Cara Ternak Kroto Mudah






Sebagai makanaan rangrang yaitu
  1. Ulat hongkong, jangkrik, cicak dan binatang-binatang kecil lainnya
  2. Air gula dengan takaran 200ml air ditambahkan 3 sendok makan gula pasir

Langkah-langkah budidaya kroto :
  1. Langkah pertama yang anda lakukan anda harus menyiapkan rak / meja yang tidak terpakai dengan syarat kaki meja / rak diberi oli bekas atau diberi wadah dan diberi air juga bisa, tetapi kalau menggunakan air cepat menguap dan p[erlu ditambah air lagi, lebih baik menggunakan oli bekas yang tidak mudah menguap.
  2. Langkah kedua mencari bibit rangrang dialam dengan cara pakailah sarung tangan kemudian lumuri dengan tepung kanji agar semut rangrang terpeleset saat hendak menyerang kita petiklah sarang rangrang dari pohon kemudian ambil dan masukan kedalam wadah karung / plastik.
  3. Langkah ketiga taruh sarang rangrang diatas rak yang sudah disiapkan toples sebagai sarang rangrang.
  4. Langkah keempat berikan makanan berupa ulat hongkong, jangkrik, belalang diatas rak ditempatkan diwadah kecil agar semut mengambil sendiri makanannya begitu juga dengan minuman taruhlah ditempat khusus bila perlu berikan percikan-percikan air gula agar semut merasa nyaman dan krasan dengan tempat barunya.
  5. Untuk perawatan kita hanyalah memberi makanan dan minuman jangan sampai kehabisan. Kalau kehabisan maka semut rangrang akan melarikan diri.

Cara panen kroto sangat mudah, sebagai berikut :
  1. Ambilah ember bak
  2. Taburi ember bak dengan tepung kanji dan ratakan
  3. Saringan untuk memisahkan kroto dengan semut rangrang
  4. Ambilah tomples yang banyak terdapat kroto didalamnya
  5. Anda bisa mengetuk sarang toples tersebut
  6. Anda juga bisa merusak sarang dengan stek kayu
  7. Kemudian pisahkan semutnya dan kembalikan pada rak saat anda mengambilnya.
  8. Kemas kroto dan siap untuk anda jual dipengepul atau anda gunakan sendiri untuk pakan burung.
Demikianlah artikel dari saya tentang cara budidaya kroto sebagai bahan pakan burung dan umpan untuk memancing ikan. Cukup mudah bukan, anda bisa menjadikannya sebagai bisnis rumahan yang lumayan menjanjikan. Jangan lupa baca artikel saya lainnya semoga bermanfaat dan bisa menjadi sumber inspirasi yang positif untuk anda semua dan salam sukses.

Kata kunci pencarian : Cara budidaya kroto, cara mudah budidaya kroto, kroto sebagai pakan burung, burung ocehan, kroto pakan burung ocehan, budidaya kroto sendiri, ternak kroto sendiri, tips ternak kroto, bisnis kroto untung besar.

No comments

Powered by Blogger.