Jumat, 26 Februari 2016

Manfaat Nasi Tiwul Untuk Kesehatan

Manfaat Nasi Tiwul Untuk Kesehatan, Tiwul merupakan makanan tradisional warisan nenek moyang khususnya bagi penduduk jawa. Nasi tiwul bisa di artikan sebagai nasi bersejarah, karena keberadaanya mulai ada sejak zaman sebelum penjajahan. Zaman penjajahan nasi tiwul di kategorikan sebagai bahan pangan pokok sebagai pengganti nasi putih dari beras. Yang pada faktanya, dahulu nasi tiwul hanya di konsumsi kalangan bawah atau orang yang kurang mampu saja.

Segudang Manfaat Yang Dimiliki Nasi Tiwul Untuk Kesehatan

Nasi berbahan dasar ketela pohon atau singkong tersebut mempunyai rasa yang unik dan berbeda dengan nasi putih atau beras, serta dapat di konsumsi dalam berbagai sajian. Seperti menghidangkan dengan campuran parutan kelapa dan gula merah, selain itu nasi tiwul juga bisa langsung di konsumsi dengan sajian lauk pauk lainya.
Namun pada zaman modern ini kebalikannya, yang dahulu nasi tiwul hanya di konsumsi orang bawah atau orang miskin, sekarang jika anda sebagai penikmat sejati nasi tiwul, untuk mendapatkanya harus mendatangi tempat- tempat tertentu atau warung makan spesial nasi tiwul. Dan harga nasi tiwul pada umumnya lebih mahal dari nasi putih, sebagai contoh di daerah lampung yang dahulu mudah sekali mendapatkan tiwul, kini nasi tiwul berubah menjadi makanan spesial di karenakan harga bahan baku yang melonjak tajam serta lahan pangan yang semakin sempit. untuk kandungan nutrisi yang terkandung dalam nasi tiwul yang bermanfaat bagi tubuh kita adalah sebagai berikut :

Kandungan nutrisi nasi tiwul di setiap 100 gram bahan baku :
  • Mengandung 63,5 gr air
  • Fospor sebanyak 40 gr
  • Karbohidrat 35 gr
  • Kalsium 33 mg
  • Vitamin C 30 mg
  • Protein 1,20 mg
  • Zat besi 0,70 mg
  • Lemak 0,30 mg
  • Vitamin B1 0,01 mg
  • kalori (121 kal) lebih rendah dari nasi beras

Manfaat nasi tiwul berdasarkan prosesnya :
  • Menjaga kesehatan pencernaan
Proses pembuatan tiwul yang cukup lama memungkinkan kandungan pati mengalami interaksi yang di sebut retrogradasi yang artinya terjadi interaksi antar fraksi amilosa pada pati ketika selama proses pembuatan dan menghasilkan pati retrogradasi atau pati resisten. Pati resisten merupakan jenis pati ini lolos untuk pencernaan yang sehat.

  • Nasi tiwul sebagai sumber energi
Kandungan asam butirat di dalam nasi tiwul adalah sumber energi bagi tubuh. Selain asam butirat yang terkandung dalam nasi tiwul dapat menghambat tumbuhnya sel- sel kanker dalam tubuh.

  • Nasi tiwul sebagai makanan diet penderita diabetes
Penyakit diabetes merupakan jenis penyakit yang sulit sekali di sembuhkan. Ketika sesorang terserang diabetes maka si penderita wajib memperhatikan pola makan yang seimbang. Dan sebenarnya, penderita diabetes mestinya menghindari nasi sebagai sumber tenaga. karena nasi adalah jenis makanan pokok yang mengandung kalori cukup tinggi sehingga kalori yang di serap oleh tubuh cepat terurai menjadi gula, ahli kesehatan pun menyarankan mengganti makanan nasi dengan umbi umbian sebagai penggantinya, salah satunya adalah singkong, Namun untuk memudahkan mengkonsumsinya umbi tersebut di buat menjadi nasi tiwul.

Kenapa nasi tiwul baik untuk penderita diabetes karena kandungan kalori pada nasi tiwul (121 kal) lebih rendah jika di bandingkan dengan nasi putih yang tinggi akan kalori. Luar biasa sekali bukan, Oleh karena itu mari kita budidayakan tanaman jenis umbi yang satu ini, selain karena rasanya yang unik tentunya juga kaya manfaat. demikian artikel dari saya semoga bermanfaat dan menjadi inspirasi buat anda dan salam sukses.

Lorem ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.

2 komentar:

  1. oooh ternyata nasi tiwul juga mengandung banyak manfaat ya, thanks gan infonya sangat bermanfaat

    BalasHapus


EmoticonEmoticon